Sabtu, 26 November 2011

Tugas softskill 3

PERSAMAAN HAK

 Setiap orang memiliki hak dan kewajiban baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah dan negara. Hak dan kewajiban penting di terapkan pada undang-undang dasar dan undang-undang dasar ini berlaku untuk semua orang tanpa terkecuali dalam arti semua orang memiliki kesamaan derajat di setiap kehidupan. Inilah yang kita sebut dengan hak asasi manusia. Setiap orang dilahirkan dengan akal budi dan hak yang sama yang pada pelaksanaannya harus di sesuaikan dengan orang lain.

Persamaan hak ini pun berlaku pada beberapa sektor kehidupan seperti agama, politik, jenis kelamin, asal mula atau kemasyarakatan, dan kelahiran atau kedudukan. Artinya setiap orang berhak atas semua hak-hak dan kebebasan-kebebasan yang di sebutkan di atas. Dan sama halnya pula dengan undang-undang dan hukum setiap orang memiliki kewajiban dan hak-hak yang sama juga

  Indonesia termasuk salah satu negara yang munjunjung tinggi persamaan hak dan kewajiban masyarakatnya, ini di buktikan dengan adanya persamaan derajat yang tercantum dalam undang-undang dasar dan bhineka tunggal ika yang artinya meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar